valentine

    Author: Lontong Blog Genre:
    Rating

    valentine sebernarnya adalah seorang martyr , dalam bahasa islam bisa juga disebut syuhada yang karena kesalahan dan juga disebut dermawan , maka di beri gelar saint atau santo. pada tanggal 14 februari 270 M, st Valentine di bunuh oleh raja claudius II (268 - 270 M ) karena bertentangan dengan peraturan kerajaan romawi. Untuk mengagungi ketabahan st. Valentine , para pengikut valentine melakukan 'upacara keagamaan'.tetapi pada abad 16 upacara tersebut berangsur angsur menghilang dan berubah menjadi pesta jamuan kasih sayang bangsa romawi kuno yang di sebut ''supercalis'' yang jatuh pada tanggal 15 februari. Setelah orang orang romawi masuk nasrani(kristen) pesta "supercalis" di kaitkan dengan upacara kematian St. Valentine. Penerimaan upacara kematian St. Valentine sebagai hari kasih sayang , dan di kaitkan dengan orang eropa , dan juga percaya bahwa waktu 'kasih sayang' itu mulai bersemi 'bagai burung jantan dan betina' , dan juga resmi pada tanggal 14 februari.
    Dalam masalah Valentine itu perlu kita fahami secara mendalam terutama dari kacamata agama karena kehidupan kita tidak dapat lari atau lepas dari agama islam sebagai pandangan hidup. Berikut beberapa hal yang harus di fahami di dalam masalah ''valentine day''

    1. PINSIP / DASAR
        Valentine Day adalah suatu perayaan yang berdasarkan kepada pesta jamuan 'supercalis' bangsa romawi kuno di mana setlah mereka masuk agama nasrani , maka berubah menjadi 'agama keagamaan' yang di kaitkan dengan kematian St. Valentine

    2.SUMBER ASASI
        Valentine jelas jelas bukan bersumber dari islam , melainkan bersumber dari rekaan fikiran manusia yang di teruskan oleh pihak gereja. Oleh karena itu lah , berperang kepada akal rasional manusia semata mata , tetapi jika tidak berdasarkan kepada islam(Allah), maka ia akan tertolak
        Firman Allah swt dalam surat Al Baqarah ayat 120:"orang-orang yahudi dan nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka.
    katakanlah :"sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk(yang sebenarnya)".dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu , maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolaong bagimu."
    3. TUJUAN
        tujuan mencipta dan mengungkapkan rasa kasih sayang di persada bumi adalah baik , tetapi bukan semenit untuk sehari dan sehari untuk setahun , dan bukan pula berarti kita harus berkiblat kepada valentine yang seolah olah meninggikan ajaran lain di atas islam. Islam di utuskan kepada umatnya dengan memerintahkan umatnya untuk berkasih sayang dan menjalin persaudaraan yang abadi di bawah naungan Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang.Bahkan Rasulullah saw bersabda :"tidak beriman salah seorang diantara kamu sehingga ia cinta kepada saudaranya seperti cintanya kepada diri sendiri."
    4. OPERASIONAL
        Pada umumnya acara valentine day diadakan dalam bentuk pesta pora dan huru hara. perhatikan firman Allah swt :"sesungguhnya pemboros pemboros itu adalah saudara saudara syaithon dan syaithon itu adalah sangat ingkar kepada tuhannya".(surat Al Isra ; 27)
    "dan jika kamu menuruti kebanyakan orang orang di muka bumi ini , niscaya mereka menyesatkanmu dari jalan Allah. mereka tidak lain hanyalah mengikuti prasangka belaka , dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah)."(surat Al An'am : 116)

    Leave a Reply